Selamat Datang di Website Resmi Desa Kartoharjo

Bersama Membangun Desa untuk Mewujudkan Desa Kartoharjo yang Makmur dan Sejahtera "Gemah Ripah Loh Jinawi Toto Tentrem Karto Raharjo"

 

Sejarah Desa Kartoharjo

Administrator 26 Agustus 2016 15:38:09 WIB

      Pada masa penjajahan Belanda ada dua Desa yakni Desa Pringapus dan Desa Caban. Desa Pringapus terdiri dari dua Dusun yaitu Dusun Gendolan dan Dusun Srigunting, sedangkan desa Caban terdiri dari tiga Dusun yaitu Dusun Jurang, Dusun Caban dan Dusun Candi Umbul yang pada waktu itu di Desa Caban warga masyarakatnya sebagian besar memeluk agama Budha, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya peninggalan sejarah dari Dinasti Syailendra di Dusun Candi Umbul. Seiring dengan perjalanan waktu ada dua Ulama yang merupakan keturunan dari Kraton Surakarta Hadiningrat yang datang di Desa Pringapus dengan menyebarkan agama Islam. Kedua Ulama tersebut bernama Suto Wijoyo Harjo Kusumo dan Martohadi Kertowiyoto. 

     Pada suatu ketika di Desa Caban tertimpa musibah tanah longsor dan sebagian warga masyarakatnya terjangkit penyakit muntaber/diare, sehingga banyak dari penduduk Desa Caban yang meninggal dunia termasuk Bekel Desa Caban ikut menjadi korban bencana alam tersebut, (bekel adalah sebutan untuk Kepala Desa di jaman dahulu). Singkat cerita penduduk Desa Caban yang selamat mengungsi di wilayah Dusun (yang sekarang menjadi dusun Caban Gunung).

     Dari beberapa warga masyarakat Desa Caban bermusyawarah untuk berguru mencari Ilmu dan meminta agar diberi keselamatan terhindar dari segala musibah dan bencana alam. Berhubung pada waktu itu di Desa Caban tidak ada bekelnya maka warga masyarakatnya menyatakan untuk menggabungkan Desa Caban dengan Pringapus. Akhirnya diterima dan disepakati dalam penggabungan dua Desa tersebut, dengan mengubah nama Desa Pringapus dan Desa Caban menjadi Desa KARTOHARJO yang diambil dari kedua Ulama tersebut dengan maksud dan tujuan agar warga masyarakatnya makmur dan sejahtera. Gepah ripah lohjinawi toto tentrem kertoraharjo. (Narasumber, Almarhum Bpk. H. Abdullah Affandy mantan Carik Desa Kartoharjo).

     Dari situlah kepemimpinan Desa Kartoharjo dimulai dengan Bekel yang awal tidak diketahui namanya pada akhirnya sampailah kepada Kepala Desa yang pertama.

Berikut adalah silsilah Kepemimpinan Desa Kartoharjo :

1. Bp. Sadat Sumorwiryo,  Tahun 1915

2. Bp. Sukarno Ali Sastro

3. Bp. Hadi Wisastro

4. Bp. Sosro Diwiryo, Tahun 1933

5. Bp. Muh Affandy, Tahun 1974

6. Bp. Totok Suharto, Tahun 1988

7. Bp. Bambang san Arifin, Tahun 1999

8. Bp. Supriyanto, Tahun 2007

9. Bp. Agus Suyono, Tahun 2014 sampai dengan sekarang

 

 

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Tautan Terkait

Link

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Lokasi Kartoharjo

tampilkan dalam peta lebih besar